Tips Memilih Jangkar untuk Kapal Anda

Kalau diibaratkan ada gula ada semut, maka bisa dibilang ada kapal ada jangkar. Sebab setiap kapal wajib memiliki jangkar untuk menambatkan kapalnya supaya bisa diam di satu titik walau ada terpaan angin atau arus kencang. Nah jangkar itu sendiri punya banyak jenis. Sudah tahu belum bagaimana tips memilih jangkar yang baik dan benar?

Jangkar memiliki banyak jenis serta ukuran. Menentukan jangkar yang cocok untuk kapal Anda adalah hal yang sangat penting. Bayangkan Anda memakai jangkar yang terlalu kecil atau ringan misalnya, hasilnya kapal Anda tidak dapat tertambat dengan baik. Atau kalau Anda memilih jangkar yang terlalu berat, maka akan menyulitkan penyimpanan di kapal Anda, bisa-bisa kapal Anda jadi oleng. Hmm.. jangan sampai ini terjadi pada kapal Anda ya.

Beberapa jenis kapal sebaiknya memiliki dua jangkar, disarankan yang jenisnya berbeda (namun sesuaikan dengan kebutuhan Anda ya). Selain bisa digunakan sebagai jangkar cadangan, dua jangkar yang berbeda juga bisa digunakan di dua kondisi yang berbeda pula.

Tips Memilih Jangkar

  • Sesuaikan dengan kapal Anda. Ukuran, berat dan jenis kapal Anda mempengaruhi jangkar mana yang akan digunakan. Berikut ini adalah contoh tabel yang menunjukkan ukuran kapal dengan kebutuhan ukuran jangkar.
  • Sesuaikan dengan aktivitas kapal Anda. Ke mana kapal Anda akan berlabuh juga menentukan jangkar mana yang tepat. Sebab ada jangkar yang cocok untuk permukaan laut yang berlumpur, ada yang cocok untuk permukaan laut berbatu. Jadi sebaiknya Anda kenali beberapa jenis jangkar yang ada supaya bisa memilih jangkar yang pas.
  • Sesuaikan dengan cuaca di area kapal Anda beraktivitas. Berlabuh di teluk yang tenang tentu berbeda dengan berlabuh di lepas pantai. Perhatikan juga cuaca yang sering terjadi di dermaga atau titik labuh lainnya. Kencangnya angin dan arus membuat Anda memerlukan jangkar yang ekstra berat.
  • Pilih distributor jangkar kapal yang terpercaya. Distributor jangkar yang baik akan membantu Anda menemukan jangkar yang cocok, bukannya hanya mementingkan keuntungan mereka semata. Pastikan juga jangkar yang Anda beli dilengkapi dengan sertifikat (cocokkan nomor sertifikat dengan nomor di fisik jangkar) untuk memastikan keasliannya. Jangan sampai tertipu distributor nakal.

PT. VELASCO INDONESIA PERSADA adalah distributor jangkar kapal dan aksesoris jangkar kapal seperti rantai jangkar, swivel atau kili-kili, shackle, kenter jangkar, dll, dengan pelayanan terbaik di Jakarta. 

Kami juga merupakan distributor alat kapal, alat safety kapal, alat rigging, alat lifting, tali mooring, tali tambang, wire rope, webbing sling, dll. Lihat produk kami lainnya di sini. Semua barang yang kami jual dilengkapi sertifikat dan berkualitas. Silahkan hubungi kami lewat Whatsapp atau (021) 690 530 atau email ke info@velascoindonesia.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *