Tali Tross dan Tali Spring Untuk Penambat Kapal

Tali yang digunakan untuk menambatkan kapal, terutama kapal besar, bukanlah tali sembarangan. Tali tersebut punya kekuatan yang tinggi karena harus sanggup menahan kapal besar agar tidak bergerak. Karena itu dibutuhkan beberapa rangkaian tali tambang seperti tali tross dan tali spring. Tali apakah itu? 

Kedua jenis tali ini merupakan istilah yang dipakai dalam sistem penambatan kapal atau bahasa kerennya mooring system kapal ke dermaga di suatu pelabuhan. Menambatkan kapal bisa dibilang merupakan pekerjaan yang cukup sulit sebab terlebih dahulu perlu mempertimbangkan kondisi sekitar kapal seperti arus atau gelombang laut dan arah angin.

Metode Penambatan Kapal

Secara garis besar ada beberapa metode menambatkan kapal. Namun demikian kesemuanya itu memliki persamaan dalam posisi tali yaitu terdapat tali yang menahan di bagian ujung depan kapal, ujung bagian belakang, dan di bagian tengah. Untuk menambah daya cengkram kapal ke dermaga sering ditambahkan tali ekstra di bagian tengah kapal. Kadang di bagian tengah juga diberi tali tambat tambahan.

Tali tross dan tali spring yang digunakan untuk menambatkan kapal, harus sesuai dengan standar pabrikasi yang berstandar internasional. Jika tidak, tentu akan sangat riskan dan membahayakan keselamatan kapal dan para penumpang atau awak kapal.  Spesifikasi standar yang umum untuk kedua tali ini yaitu:

  • Harus kuat atau memliki nilai breaking-load yang tinggi,
  • Talinya lentur agar mudah memudahkan penambatan
  • Tahan air
  • Mampu terapung.

Pada umumnya, tali yang digunakan untuk mooring system ini adalah tali tambang seperti tali manila atau tali tambang dari bahan serat sintetis, seperti tali PP (monofilament dan multifilament), tali PE atau tali nylon.

Tentunya tidak ada aturan baku tentang cara menambatkan kapal karena banyak faktor yang mempengaruhi mooring system. Beberapa kapal juga bisa menggunakan rantai, namun lebih banyak yang menggunakan tali tambang karena punya banyak kelebihan untuk menambatkan kapal.

PT. VELASCO INDONESIA PERSADA adalah distributor alat kapal seperti tali tambang, (tali manila, tali nilon, tali PE dan tali PP) wire rope sling, webbing sling, chain sling, dll, dengan pelayanan terbaik di Jakarta. 

Kami juga merupakan distributor alat rigging, alat safety kapal, alat lifting, dll. Lihat produk kami lainnya di sini. Semua barang yang kami jual dilengkapi sertifikat dan berkualitas. Silahkan hubungi kami lewat Whatsapp atau (021) 690 530 atau email ke info@velascoindonesia.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *