Apa Itu Swivel Piece? Ini Dia Penjelasannya!

Kalian yang sudah malang melintang di dunia perkapalan tentu familiar dengan jangkar kapal. Alat kapal ini memungkinkan kapal diam di satu titik, tidak terbawa arus maupun angin yang berhembus. Nah setiap jangkar memiliki aksesoris jangkar kapal yang punya peranan masing-masing. Salah satunya adalah swivel piece atau sering juga disebut dengan istilah kili-kili.

Swivel piece sebenarnya adalah sambungan yang menghubungkan antara rantai dengan rantai atau dengan shackle, atau dengan jangkar, atau dengan alat kapal lain sesuai kebutuhan. Yang membuat alat ini istimewa adalah ia dapat mencegah terjadinya twist pada rantai jangkar. Swivel piece ini biasanya terbuat dari stainless steel.

Twist yang dimaksud adalah kondisi rantai terpelintir karena adanya arus bawah laut. Swivel piece memiliki desain yang dapat membuat satu sisinya diam ketika sisi lainnya bergerak. Jadi dengan alat ini, rantai akan dapat terhindar dari twist. Situasi twist sangat tidak baik karena dapat menghambat sistem penambatan kapal.

Swivel Piece Berbagai Ukuran

Kili-kili ini punya banyak jenis ukuran lho, misalnya 16MM, 19MM, 22MM, 28MM, 30MM, 32MM, 36MM, 40MM dan 42MM. Semua ukuran tersebut memiliki nilai safe working load (SWL) yang berbeda-beda. Jadi sebelum beli swivel piece, harus disesuaikan dengan rantai jangkar dan jangkar yang digunakan. Jangan sampai ukurannya terlalu besar atau terlalu ringan ya. Karena bisa berpotensi putus dan merusak rangkaian rantai jangkar.

Swivel Piece dan Aksesoris Jangkar Lainnya

Keberadaan swivel piece atau kili-kili ini tidak bisa dipisahkan dari aksesoris jangkar lainnya. Misalnya ada rantai jangkar, shackle jangkar, kenter jangkar, alat penarik jangkar atau windlass, dan jangkar itu sendiri. Semua aksesoris ini penting untuk menopang kerja sistem penambatan kapal supaya proses menaikkan dan menurunkan jangkar dapat berjalan dengan mulus.

Dari segi jenis hingga ukuran, semua alat tersebut harus disesuaikan agar cocok satu sama lain. Karena kalau ada satu saja aksesoris jangkar kapal yang terlalu kecil atau terlalu besar maka akan berpotensi mengganggu sistem jangkar dan juga membuat aksesoris jangkar lainnya lebih cepat rusak.

Jangan lupa untuk selalu beli swivel piece dari distributor yang terpercaya ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *