Masker Corona, Efektif Nggak Sih?

Hebohnya virus covid-19 bikin masker jadi produk langka. Pas awal-awal pengumuman adanya kasus positif covid-19 di Indonesia, masyarakat langsung serbu dan borong toko masker. Mereka percaya kalau masker bisa cegah virus covid-19. Tapi apa iya masker corona ini bener-bener efektif? Hmm…

Masker Corona, Langka dan Mahal

Sebelum ramai-ramai covid-19, setiap penumpang ojek online biasanya dikasih masker gratis dari driver yang baik hati. Seringnya malah penumpang menolak masker itu. Tapi sekarang masker ini malah langka di pasaran. Kalaupun ada, harganya selangit. Karena banyak penjual nakal yang memasang harga super mahal, mentang-mentang kebutuhan masker sedang tinggi-tingginya. Padahal tanpa ada covid-19, banyak orang membutuhkan masker lho misalnya para tenaga medis dan penderita kanker.

Nah, jadi, masker sebenarnya efektif nggak sih?

Masker Corona Tidak Efektif Kalau…

Fungsi masker memang menangkal partikel buruk masuk ke dalam mulut dan hidung. Tapi apa iya alat ini menjamin penggunanya bebas corona? Jenis masker juga ada banyak lho, ada masker untuk bedah ada juga masker kain.

Ternyata pakai benda ini belum tentu bikin kita bebas corona. Karena yang penting adalah jaga kebersihan. Kalau udah pakai masker paling keren sekalipun tapi tetap jorok, misalnya jarang cuci tangan, lalu tangan masih sering kucek-kucek mata, ya sama aja. Virus corona juga bisa tetap masuk ke tubuh. Jadinya percuma pakai masker. Tangan kita kan biasanya gatel suka pegang wajah. Walau sekedar sentuh hidung untuk membetulkan posisi masker, kalau tangan kita sudah terkena virusnya, maka virus itu bisa masuk ke dalam tubuh.

Masker paling pas dipakai oleh mereka yang memang benar-benar sedang sakit, tujuannya adalah supaya virusnya tidak menyebar terus menularkan ke sekitarnya. Orang lain yang memang harus pakai masker adalah para tenaga medis yang berurusan dengan orang sakit, misalnya dokter atau perawat. Jadi kalau kita sehat, tidak harus pakai masker, yang penting: rajin cuci tangan, jaga kebersihan.

Masker Corona Bisa Efektif Kalau…

Kalau kita sudah jaga kebersihan dan rajin cuci tangan, pakai masker memang bisa efektif. Tidak hanya untuk cegah corona, tapi juga efektif mencegah virus lain seperti flu, dan juga polusi udara, masuk ke dalam tubuh kita. Tapi yang jelas, tidak perlu impulsif membeli masker berlebihan apa lagi menimbun masker ya, karena masih banyak pihak lain yang lebih membutuhkan. Oke?

Silahkan kontak kami PT Velasco Indonesia Persada, distributor masker dengan pelayanan terbaik. Selain itu kami juga jual alat pemadam kebakaran seperti APAR, atau fire hydrant cabinet, dll.  Hubungi (021) 690 530 atau info@velascoindonesia.com. Atau lihat produk kami lainnya di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *