Man Overboard Alat Keselamatan Kapal

Man overboard sebenarnya adalah istilah yang digunakan untuk memberi info bahwa ada awak atau penumpang kapal yang terjatuh dari kapal ke laut. Namun ada juga alat keselamatan kapal yang diberi nama sama, disingkat dengan MOB. Man overboard ini berfungsi untuk memberi sinyal bahwa ada orang di tengah laut yang membutuhkan pertolongan.

Kecelakaan bisa terjadi di mana saja dan kepada siapa saja. Seseorang yang sedang di kapal bisa saja tanpa sengaja terjatuh dari kapal ke tengah laut. Semahir apa pun ia berenang, ia tetap membutuhkan pertolongan. Karena itulah dibutuhkan serangkaian alat safety kapal.

Untuk menolong orang di tengah laut, di setiap sudut bagian luar kapal idealnya disediakan ring buoy atau ban pelampung yang terhubung dengan alat man overboard atau MOB. Keduanya saling terhubung, dengan tali. Jadi saat hendak menolong korban di tengah laut, ring buoy dan MOB dilemparkan bersamaan.

Begitu menyentuh permukaan laut, MOB akan mengeluarkan sinyal darurat berupa asap warna oranye. Warnanya memang oranye supaya mencolok dan mudah ditemukan orang. Selain itu lampu di MOB juga akan menyala. Jadi saat sinyal asap sudah habis, tetap ada sinyal cahaya dari lampu tersebut. Semoga dengan sinyal tersebut, korban dapat segera diselamatkan ke atas kapal.

Man Overboard Sesuai Standar SOLAS

Semua alat keselamatan kapal punya aturan yang disepakati dunia internasional dan tertuang dalam regulasi SOLAS atau Safety of Life at Sea. Gimana ketentuan MOB di SOLAS? Pertama MOB harus terhubung ke ring buoy atau ban pelampung. Keduanya harus ada di sepanjang badan kapal, tepatnya di setiap sisi kiri dan kanan area terbuka kapal. Lalu posisi nya harus menghadap ke laut, bukan malah meghadap ke dalam kapal, tujuannya supaya mudah saat melempar.

Man overboard juga adalah salah satu jenis alat piroteknik lho, yaitu alat yang menghasilkan reaksi kimia berupa asap atau api. Kembang api juga termasuk alat piroteknik. Tapi bedanya kalau kembang api itu untuk hiburan, MOB ini untuk alat safety kapal.  

PT. VELASCO INDONESIA PERSADA adalah distributor alat keselamatan kapal. Kami jual alat piroteknik seperti man over board, smoke signal, parachute signal. Velasco Indonesia juga melayani pembelian ring buoy, rescue boat, life jacket atau jaket pelampung, life jacket light, dll, dengan pelayanan terbaik di Jakarta.

Kami juga menjual alat rigging, alat lifting, tali mooring, tali tambang dan wire rope dengan pelayanan terbaik. Lihat produk kami lainnya di sini. Semua barang yang kami jual dilengkapi sertifikat dan berkualitas. Silahkan hubungi kami lewat Whatsapp atau (021) 690 530 atau email ke info@velascoindonesia.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *