Jenis Rantai Jangkar, Ada Banyak Lho

Rantai jangkar atau anchor chain merupakan salah satu perangkat dalam sistem penjangkaran yang sangat penting fungsinya. Fungsi utama aksesoris jangkar ini adalah sebagai penghubung antara jangkar dengan badan kapal. Pada kapal besar rantai jangkar dioperasikan oleh sebuah mesin penarik dan penurun jangkar. Putusnya rantai jangkar dapat menyebabkan kapal kehilangan jangkar. Terdapat banyak jenis rantai jangkar, yuk kita pelajari beberapa di antaranya.

Jenis Rantai Jangkar

Rantai jangkar yang dipakai di setiap kapal tentu berbeda. Harus menyesuaikan dengan beberpa hal seperti ukuran kapal, bentuk kapal, dll. Jenis aksesoris jangkar kapal yang satu ini pun sangat banyak, namun berikut ini beberapa contoh jenis rantai jangkar yang umum dipakai.

  • Stud link anchor chain

Stud link anchor chain memiliki bentuk yang berbeda dari rantai pada umumnya. Rantai jangkar yang satu ini berbentuk seperti angka delapan, dengan stud link atau penghubung pada bagian tengah mata rantainya. Stud link ini berfungsi untuk menambah kekuatan rantai jangkar, sekaligus mencegah rantai jangkar terpelintir (alias twist). Ada 2 grade yang umum dipakai yaitu U2 dan U3, perbedaan ada pada kepadatan materialnya, dan tentu berpengaruh pada harga.

  • Proof coil – G30

Proof coil – G30 merupakan rantai jangkar dengan standar kualitas komersil normal. Jenis ini terbuat dari bahan baja karbon rendah atau low carbon steel. Rantai Jenis ini tidak memiliki jarak antar pitch rantai yang seragam, akibatnya rantai tipe ini tidak bisa digunakan dengan kebanyakan sistem windlass. Di setiap permukaan mata rantainya umumnya ditandai dengan simbol pabrikan berupa tanda grade yaitu 3, 30, atau 300. Rantai jenis ini cocok digunakan pada kapal-kapal berukuran kecil.

  • BBB Anchor / Windlass Chain

BBB Anchor / Windlass Chain merupakan jenis rantai pendek yang juga standar kualitas komesial normal. Sama seperti jenis Proof Coil, jenis rantai ini juga terbuat dari low carbon steel. Namun, jenis ini memiliki jarak antar pitch rantai yang seragam. Oleh karena itu jenis ini dapat bekerja dengan baik dalam sistem windlass khususnya yang menggunakan roda putar rantai atau biasa disebut gipsy (UK) / wildcat (US). Sama seperti rantai industri pada umumnya, rantai ini juga ditandai dengan simbol pabrikan dan tanda grade yaitu 3B.

  • G4, G40, G43 – High Test

G4, G40, G43 – High Test saat ini merupakan jenis rantai standar untuk sistem windlass. Tidak seperti jenis rantai Proof Coil dan BBB, rantai jangkar ini terbuat dari baja karbon tinggi atau high carbon steel. Dengan begitu jenis ini memiliki tingkat kekuatan atau working load dua kali lebih besar dari jenis BBB dan memungkinkan untuk memiliki ukuran yang lebih kecil. Sama seperti rantai industry pada umumnya, rantai ini juga ditandai dengan simbol pabrikan dan tanda grade yaitu G4, G40, G43 atau G400.

  • G70 – Transport

Jenis rantai G70 – Transport umumnya disebut dengan jenis G7 atau transport. Jenis rantai ini memiliki rasio kekuatan terhadap berat atau high-strength-to-weight ratio lebih tinggi 25 persen dibandingkan dengan jenis rantai High Test. Namun demikian jenis ini jarang dipakai dalam sistem windlass.  Sama seperti rantai industri pada umumnya, rantai ini juga ditandai dengan simbol pabrikan dan tanda grade yaitu 7, 70 atau 700.

PT. VELASCO INDONESIA PERSADA adalah distributor jangkar kapal dan aksesoris jangkar kapal seperti rantai jangkar, swivel atau kili-kili, shackle, kenter jangkar, dll, dengan pelayanan terbaik di Jakarta. 

Kami juga merupakan distributor alat kapal, alat safety kapal, alat rigging, alat lifting, tali mooring, tali tambang, wire rope, webbing sling, dll. Lihat produk kami lainnya di sini. Semua barang yang kami jual dilengkapi sertifikat dan berkualitas. Silahkan hubungi kami lewat Whatsapp atau (021) 690 530 atau email ke info@velascoindonesia.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *