Jenis Filter Oli – Velasco Indonesia

Jenis Filter Oli

Filter oli  berfungsi untuk menangkap kotoran-kotoran padat yang sudah ada dalam oli. Secara berkala filter tersebut harus di lepas dan dibersihkan untuk dapat dipergunakan kembali atau juga diganti dengan filter baru. Ada berbagai jenis filter oli sesuai dengan prinsip kerjanya, dan berikut adalah di antaranya:

  1. Cartridge FilterCartridge filter adalah jenis filter yang menggunakan sebuah element yang dapat dilepas dari rumah filter. Rumah filter terkoneksi dengan sistem oli, sedangkan element filter lebih mudah dilepas dari rumahnya untuk diganti atau dibersihkan.

Cartridge Lube Oil Filter Pada Mobil BMW

Secara umum cartridge filter dapat dikelompokkan menjadi tiga berdasarkan jenis material yang digunakan sebagai filter, yaitu:

Filter Selulosa. Filter ini berbahan dasar bubur kayu yang dicampur dengan fiber. Tipe ini memiliki clearenceyang tidak konsisten serta mudah sekali rusak, namun memiliki kelebihan dapat menyerap kandungan air di dalam oli.

Filter Sintetik. Jenis ini menggunakan bahan dasar fiber-glass yang dibuat secara manual dan memiliki clearence yang lebih konstan. Tipe ini lebih tahan lama serta mampu lebih baik menahan kotoran yang berukuran sangat kecil.

Campuran Sintetik dan Selulosa. Tipe ini dapat digunakan untuk menggabungkan dua kelebihan yang ada pada tipe selulosa dan sintetik, untuk mendapatkan hasil filtrasi yang lebih optimal.

  • Magnetic FilterMagnetic filter menggunakan sebuah magnet permanen maupun elektromagnetik untuk menangkap kotoran-kotoran logam ferromagnetic yang ada pada oli. Filter tipe ini cukup sederhana perawatannya karena hanya perlu membersihkan permukaan magnet yang telah menangkap kotoran logam.
    Cara kerja filter tipe ini cukup sederhana, oli dialirkan melalui filter yang telah dilengkapi dengan magnet di tengahnya. Kotoran-kotoran logam yang dapat ditarik oleh magnet akan mengumpul di area permukaan magnet. Pada interval waktu tertentu permukaan magnet tersebut perlu untuk dibersihkan.
    jenis filter oli sumber
  • Centrifugal Filter. Filter ini menggunakan prinsip gaya sentrifugal untuk memisahkan oli dengan kotoran padat di dalamnya. Oli kotor masuk ke sisi tengah filter melalui pipa kecil berputar yang diujungnya terdapat lubang nozzle. Oli tersemprot ke dinding filter yang berputar, akibat gaya sentrifugal yang tercipta dari putaran dinding filter menyebabkan kotoran akan menempel pada dinding sedangkan oli akan jatuh ke bawah. Untuk lebih jelasnya mari kita perhatikan animasi berikut.

PT Velasco Indonesia Persada adalah distributor segala peralatan kapal, industri, dan segala sparepartnya seperti gear box, pistons, dan filter. Silahkan kontak info@velascoindonesia.com atau kunjungi www.velascoindonesia.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *