Fungsi Wire Rope Alat Rigging

Wire rope atau tali baja merupakan barang yang tidak asing di industri alat berat seperti pelabuhan peti kemas dan konstruksi bangunan. Fungsi wire rope bisa dibilang sangat penting dalam industri ini yaitu sebagai alat rigging. Lalu apakah semua jenis wire rope sama? Yuk simak artikel berikut ini.

Rigging sendiri merupakan suatu istilah untuk aktivitas yang berkaitan dengan memindahkan barang berat. Contohnya yaitu untuk mengangkat, menarik, serta memindahkan alat-alat berat seperti container, mobil, kapal, dll.

Wire rope adalah tali yang terbuat dari serangkaian utas kawat baja. Kumpulan utas kawat baja ini disatukan dengan cara dipilin mengelilingi core hingga membentuk tali baja super kuat. Fungsi wire rope pada umumnya adalah untuk menarik, mengikat dan mengangkat beban yang berat. Untuk beban yang ringan kurang cocok menggunakan wire rope.  

Namun beban yang berat tidak bisa semuanya ditarik dan diangkat menggunakan satu wire rope. Sebab  kemampuan setiap jenis dan ukuran wire rope berbeda-beda. Oleh karena itu harus disesuaikan dengan ketahanan maksimal wire rope terhadap beban yang hendak ditarik atau diangkat.

Fungsi Wire Rope dalam Berbagai Industri

Berikut ini beberapa contoh penggunaan wire rope yang umum digunakan dalam berbagai industri.

  • Untuk mengangkat dan menurunkan gondola
  • Salah satu material penting pada lift atau elevator, untuk menaikkan dan menurunkan lift.
  • Menambatkan (mooring) kapal yang sedang bersandar di dermaga.
  • Untuk menarik trawl atau jala pada industri perikanan.
  • Untuk menarik serta mengulur bor (drilling line) pada industri minyak dan gas.
  • Sebagai salah satu konstruksi jembatan, tower, dll.
  • Untuk menarik, mengangkat dan mengikat kayu pada industri logging.
  • Mengangkat kontainer, atau barang berat lainnya.

PT. VELASCO INDONESIA PERSADA adalah distributor alat rigging seperti wire rope sling, webbing sling, chain sling, dll, dengan pelayanan terbaik di Jakarta. 

Kami juga merupakan distributor alat kapal, alat safety kapal, alat lifting, tali mooring, tali tambang, dll. Lihat produk kami lainnya di sini. Semua barang yang kami jual dilengkapi sertifikat dan berkualitas. Silahkan hubungi kami lewat Whatsapp atau (021) 690 530 atau email ke info@velascoindonesia.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *