Cara Pakai Rocket Parachute Flare Signal

Anda tentu sudah paham kalau setiap kapal wajib dilengkapi dengan alat keselamatan kapal. Salah satunya adalah alat piroteknik yaitu rocket parachute flare. Nah dalam artikel kali ini kami akan mengulas tentang cara pakai rocket parachute flare signal.

Tak kenal maka tak sayang, maka yuk kita kenalan dulu dengan alat safety kapal yang satu ini. Rocket parachute flare adalah salah satu alat piroteknik yang berfungsi untuk memberi sinyal permintaan pertolongan saat terjadi kecelakaan kapal. Alat keselamatan ini mirip seperti hand flare, bedanya flare di sini diluncurkan ke atas dan turun dengan parasut mini.

Rocket parachute flare tersimpan dalam sebuah tabung berwarna merah atau kuning dengan panjang sekitar 30 cm. Saat diluncurkan alat ini akan menghasilkan sinyal cahaya terang atau obor yang terkait pada sebuah parasut. Jadi cahaya ini seperti bergantung pada parasutnya.

Obor cahaya pada rocket parachute flare yang dihasilkan berfungsi untuk menarik perhatian orang atau regu penolong secara visual. Dengan begitu regu penolong dapat mengetahui lokasi orang atau kapal yang meminta pertolongan.

Parasut pada alat keselamatan iniberfungsi agar menjaga obor untuk dapat selama mungkin mengudara. Dengan demikian kesempatan regu penolong melihat lokasi peminta tolong tentunya semakin besar. Rocket parachute flare umumnya dapat ditemukan di kapal dan rakit penolong.

Bagaimana Cara Pakai Rocket Parachute Flare ?

Cara pakai alat piroteknik yang satu ini sangat penting untuk dibahas karena banyak dari kita yang kurang paham. Lebih parahnya, banyak juga yang menyalah gunakan alat ini dengan memakainya di tempat publik seperti di stadion saat pertandingan sepak bola, atau saat ada demonstrasi. Jangan dicontoh ya!

Rocket parachute flare merupakan salah satu jenis alat keselamatan. Oleh karena itu sebaiknya digunakan hanya saat meminta pertolongan. Bukan saat hura-hura di stadion bola ya.  

Begini cara pakainya:

  • Genggamlah rocket parachute flare dengan salah satu tangan dan arahkan bagian atas yang sudah ditandai ke udara kurang lebih 45 derajat sehingga dapat mencapai ketinggian minimum yaitu 300 meter.
  • Untuk menembakan rocket parachute flare, buka bagian bawah tabung. Pada bagian bawah tabung akan ada tali yang digunakan sebagai pemicu. Saat pemicu ditarik, tabung akan meluncurkan obor dan parasut saat bersamaan.
  • Saat akan menembakkan rocket parachute flare, perhatikan keadaan angin sekitar. Jangan ditembakkan saat dalam kondisi berangin kencang, sebab obor dan parasutnya dapat mudah terbawa angin sehingga menyulitkan regu penolong menemukan lokasi peminta tolong.
  • Jangan juga menembakan rocket parachute flare saat hujan, karena cahaya yang dihasilkan akan tidak maksimal.

Nah, kurang lebih demikian ya informasi dari tim kami. Semoga dapat membantu kita semua.

PT. VELASCO INDONESIA PERSADA adalah distributor alat keselamatan kapal. Kami jual smoke signal dan alat piroteknik lainnya seperti man over board, parachute signal. Velasco Indonesia juga melayani pembelian ring buoy, rescue boat, life jacket atau jaket pelampung, life jacket light, dll, dengan pelayanan terbaik di Jakarta.

Kami juga menjual alat rigging, alat lifting, tali mooring, tali tambang dan wire rope dengan pelayanan terbaik. Lihat produk kami lainnya di sini. Semua barang yang kami jual dilengkapi sertifikat dan berkualitas. Silahkan hubungi kami lewat Whatsapp atau (021) 690 530 atau email ke info@velascoindonesia.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *