Cara Pakai Life Raft Alat Safety Kapal

Ada yang tahu cara pakai Life Raft? Itu lho alat yang berbentuk tabung-tabung putih kapal. alat safety kapal yang satu ini hanya digunakan dalam keadaraan darurat yang mengharuskan awak dan penumpang meninggalkan kapal. Para awak kapal seharusnya tahu bagaimana cara pakai life raft.

Mengapa penting untuk diketahui, sebab alat ini dapat membantu kita semua dalam menyelamatkan diri saat mengalami keadaan darurat saat berlayar dengan kapal. Dengan inflatable life raft, nyawa awak dan penumpang kapal dapat diselamatkan.

Life Raft adalah alat keselamatan kapal yang berbentuk perahu karet dengan atap pelindung. Saat belum digunakan, life raft tersimpan rapih di dalam tabung-tabung di kapal. Tabung-tabung itu terbuat dari fiber glass dan sesuai standarnya dicat warna putih. Diletakannya dimana? Di kapal alat ini diletakan di sepanjang badan kapal di sisi kiri dan kanan untuk dapat dilemparkan ke laut dengan cepat oleh para penumpang atau awak saat akan meninggalkan kapal.

Untuk bisa terlatih menggunakan life raft dan alat keselamatan kapal lainnya, sebaiknya awak kapal mengikuti pelatihan seperti Basic Safety Training yang sudah diselenggarakan oleh banyak lembaga tersertifikasi.

Dengan mengetahui prosedur, kalian akan dapat menekan rasa panik sebab fakta mengatakan bahwa ancaman terbesar saat terjadi keadaan darurat di kapal bukanlah ada tidaknya alat safety di kapal melainkan panik tidaknya kita menghadapi suasana darurat yang terjadi di kapal.

Ini Dia Cara Pakai Life Raft

  • Pertama segera bergerak ke life raft terdekat saat kapten kapal sudah memerintahkan untuk meninggalkan kapal.
  • Jangan berebut life raft. Awak kapal harus bisa mengarahkan penumpang kapal ke beberapa life raft yang tersedia, jangan menumpuk di satu titik.
  • Saat kalian sudah menemukan life raft, potong tali life raft menggunakan kapak, pisau atau alat tajam lainnya yang sudah disediakan.
  • Cabut hook pin penahan (segel atau kunci) yang mengikat bouy life raft maka alat tersebut akan jatuh meluncur ke laut. Setelah itu tabung akan terbuka dan life raft akan terkembang secara otomatis.
  • Jika life raft tidak terkembang, kalian dapat mempompanya dnegan menggunakan alat pompa portable yang sudah disediakan.
  • Naiklah ke dalam life raft secara bergantian agar tidak merusak life raft.
  • Di dalam life raft ada banyak alat-alat untuk bertahan hidup selama beberapa hari. Gunakan alat-alat tersebut secara bijak dan sesuai dengan peruntukannya.

Semoga cara pakai life raft ini bermanfaat ya

PT. VELASCO INDONESIA PERSADA adalah distributor alat keselamatan kapal. Kami jual alat piroteknik seperti man over board, smoke signal, parachute signal. Velasco Indonesia juga melayani pembelian ring buoy, rescue boat, life jacket atau jaket pelampung, life jacket light, dll, dengan pelayanan terbaik di Jakarta.

Kami juga menjual alat rigging, alat lifting, tali mooring, tali tambang dan wire rope dengan pelayanan terbaik. Lihat produk kami lainnya di sini. Semua barang yang kami jual dilengkapi sertifikat dan berkualitas. Silahkan hubungi kami lewat Whatsapp atau (021) 690 530 atau email ke info@velascoindonesia.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *