Kenapa Marine Smoke Signal Warnanya Oranye?

Pernah dengar tentang sinyal asap? Sejak dulu, sinyal asap memang dipakai untuk alat komunikasi. Tapi sekarang sinyal asap digunakan di laut untuk memberi sinyal darurat. Artinya sedang terjadi kecelakaan kapal dan butuh bantuan. Marine smoke signal adalah alat keselamatan kapal yang digunakan untuk memberi sinyal tersebut.

Marine smoke signal adalah salah satu alat yang menghasilkan reaksi kimia berupa asap atau api atau suara. Alat seperti ini disebut dengan alat piroteknik (contoh lain adalah hand flare, man over board, rocket parachute signal, dan line throwing).

Seperti Apa Marine Smoke Signal?

Alat keselamatan kapal yang satu ini punya bentuk seperti tabung pendek, warnanya oranye. Cara pakainya mudah sekali, tinggal buka tutup tabungnya, lalu tarik tuas yang ada di bagian atasnya. Setelah itu asap oranye otomatis keluar. Selanjutnya marine smoke signal tinggal dilempar ke laut. Alat itu akan terus menyala setidaknya hingga 3 menit.

Kenapa Marine Smoke Signal Warnanya Oranye? Ada Warna Lain?

Marine smoke signal mengeluarkan sinyal asap warna oranye. Hmm kenapa oranye ya? Apa ada warna lain? Jawabannya nggak ada. Hanya ada marine smoke signal warna oranye. Karena warna oranye ini punya maksud khusus. Bukan karena pembuatnya suka dengan warna oranye.

Jadi warna oranye dipilih karena warna inilah yang dianggap paling mencolok di tengah laut. Terutama pada saat siang atau pas langit masih terang. Makanya tidak heran kalau hampir semua alat keselamatan kapal itu warnanya oranye, mulai dari sekoci, life raft, ban pelampung sampai jaket pelampung. Warna ini paling mudah dilihat di tengah laut dibanding warna lain. Jadi siapapun yang ada di laut bisa dengan mudah menangkap sinyal ini dan langsung memberikan pertolongan.

Jadi jangan minta smoke signal warna biru atau hijau ya!

Marine Smoke Signal Juga Bisa Dipakai di Malam Hari?

Sebenarnya bisa-bisa aja. Tapi kalau malam hari sebaiknya gunakan alat piroteknik lain seperti red hand flare atau rocket parachute signal. Kenapa? Karena alat tersebut mengeluarkan sinyal warna merah. Warna merah itu lebih mencolok mata saat malam hari, ketimbang warna oranye.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *