Alat Piroteknik Buat Teknik Selamat di Kapal

Pernah dengar istilah piroteknik? Piroteknik adalah reaksi kimia berupa nyala api, asap dan suara. Jadi alat piroteknik adalah alat yang bisa menghasilkan reaksi kimia tersebut. Contoh paling gampang adalah kembang api. Sering lihat kan. Nah kalau di kapal, alat piroteknik digunakan untuk alat keselamatan kapal.

Kita semua tahu kalau kecelakaan bisa terjadi di mana saja. Karena itu harus sedia alat keselamatan sebelum terjadi kecelakaan, termasuk di kapal. Jadi alat piroteknik itu wajib banget ada di semua kapal, baik kapal kecil maupun kapal besar.

Alat Piroteknik di Kapal

Ini dia beberapa contoh alat piroteknik untuk alat safety di kapal:

  • Red Hand Flare : tabung panjang yang bisa mengeluarkan flare merah. Cocok dipakai di malam hari.
  • Smoke signal : tabung pendek yang bisa mengeluarkan sinyal asap warna oranye. Cocok dipakai di siang hari.
  • Man over board (MOB) : diikat bareng dan dilempar dengan life buoy / ban pelampung saat ada korban yang jatuh di laut. Begitu menyentuh air, MOB bisa mengeluarkan asap oranye.
  • Rocket parachute signal : tabung panjang yang bisa meluncurkan flare merah jauh ke atas dan turun dengan parasut supaya jangkaun sinyal lebih luas.
  • Line throwing : tabung besar berisi tali panjang dengan roket yang akan dilemparkan ke korban di tengah laut supaya bisa ditarik ke atas kapal.

Jadi bisa dibilang alat piroteknik ini adalah teknik supaya bisa selamat di kapal. Kalau terjadi kecelakaan kapal, langsung cari alat piroteknik terdekat. Lalu langsung gunakan sesuai fungsinya. Lebih cepat lebih baik, supaya pertolongan bisa datang segera. Kalau pertolongan datang cepat, akan semakin banyak penumpang kapal dan aset-aset kapal yang bisa diselamatkan.

Tidak hanya alat piroteknik, ada juga alat keselamatan kapal lain. Contohnya adalah life jacket, life buoy, life raft, alat pemadam kebakaran, dan masih banyak lagi yang lainnya. Semuanya wajib ada di setiap kapal.

Sudah tahu apa itu alat piroteknik? Kalau butuh alat piroteknik, silahkan kontak PT Velasco Indonesia Persada ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *