Life Jacket Alat Keselamatan Kapal

Setiap kapal wajib punya life jacket, yaitu jaket khusus yang dapat membuat penggunanya mengapung di atas air. Life jacket atau jaket pelampung adalah salah satu alat keselamatan kapal yang sangat penting. Sebab tidak semua orang bisa berenang dan kecelakaan kapal dapat terjadi kapan saja.

Ketentuan tentang life jacket tertuang dalam peraturan SOLAS (Safety of Life at Sea) yang telah disepakati dunia internasional. Setiap kapal harus menyediakan life jacket sebanyak jumlah penumpang dan awak kapal.

Life Jacket dan Aksesorisnya

Idealnya, setiap life jacket dilengkapi dengan peluit dan lampu kecil yang dapat menyala otomatis saat terkena air. Fungsinya peluit adalah supaya pengguna bisa meniupkan peluit tersebut untuk minta pertolongan. Sementara lampu berfungsi untuk menunjukkan lokasi korban berada. Namun memang tidak semua life jacket punya kedua aksesoris tersebut.

Tidak hanya di kapal, life jacket juga dipakai pada berbagai aktivitas yang melibatkan air, misalnya rafting, snorkling, atau olahraga air lainnya. Dalam aktivitas tersebut, setiap anggota wajib memakai life jacket walaupun tidak terjadi kecelakaan kapal / tidak sedang dalam kondisi darurat.

Life jacket yang dipakai pada aktivitas tersebut berfungsi untuk antisipasi dari hal-hal yang tidak diinginkan, salah satunya adalah tercebur ke dalam laut.

Butuh life jacket? Silahkan hubungi PT Velasco Indonesia Persada, distributor life jacket dan alat safety kapal lainnya dengan kualitas dan pelayanan terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *