Jenis Wire Rope dan Fungsinya

Wire rope adalah sebuah tali yang terbuat dari sekumpulan kawat baja yang dipilin sedemikian rupa sehingga membentuk seutas tali super kuat. Tali baja dipercaya dalam berbagai aplikasi lifting, towing dan lashing. Kekuatan wire rope atau nilai working load limit (WLL)-nya tinggi sehingga banyak dipakai dalam industri-industri yang berurusan dengan heavy lifting misalnya konstruksi, perkapalan, migas, cargo, tambang, otomotif, dan lain sebagainya. Namun wire rope yang digunakan untuk semua keperluan tersebut tidaklah sama karena ada banyak jenis wire rope di luar sana.

Jenis Wire Rope Berdasarkan Materialnya

Ada banyak material yang bisa digunakan untuk membuat wire rope berikut ini beberapa yang populer atau banyak dijual di pasaran.

Ada banyak material yang bisa digunakan untuk membuat wire rope, berikut ini beberapa yang populer atau banyak dijual di pasaran.

  • Wire Rope Galvanis : Proses galvanisasi bertujuan untuk meningkatkan resistensi baja terhadap karat. Ada dua jenis galvanized wire yaitu:
    • Galvanized-to-finished size wire: Strandnya berasal dari jenis bright wire berdiameter kecil yang dilapisi bahan zinc hingga mencapai ukuran yang dibutuhkan.
    • Drawn galvanized wire: Mirip dengan galvanized-to-finished size wire tetapi pada proses akhir dilakukan penarikan atau dibuat lebih tegang sebelum mencapai diameter yang dibutuhkan. Proses penarikan membuat lapisan zinc pada strand lebih tipis.
  • Wire Rope Non Galvanis : Perbedaan galvanized dan ungalvanized wire rope adalah jenis yang satu ini tidak dilapisi zinc.
  • Stainless Steel Wire: Terbuat dari dua bahan paduan yaitu¬† Nikel (8%) dan Chromium (18%). Tali baja yang satu ini dikenal memiliki kekuatan anti karat / anti korosi yang tinggi.
  • Bright wire: Jenis tali baja ini terbuat dari kumpulan uncoated (bright) high-carbon steel wire atau strand yang diproses secara kimia. Proses kimia tersebut meyebabkan strand/wire memiliki ketahanan dan resistensi yang sesuai dengan standar industri serta kekuatan pegas yang baik.
  • Zinc Aluminum Alloy Wire: Jenis tali baja ini terbuat dari dua bahan logam lain yaitu Zinc dan Alumunium.

Jenis Wire Rope Berdasarkan Kegunaannya

Berdasarkan kegunaan dan pengaplikasiannya, wire rope dapat dikategorikan dalam beberapa jenis yaitu:

  • Wire Rope Umum (General Purpose Wire Rope): Kegunaan dan pengaplikasian jenis tali baja ini sangat beragam dan aplikatif. Umumnya digunakan untuk aplikasi angkat, tarik dan ikat. Contohnya yaitu digunakan dalam proses pengangkatan container dan barang di pelabuhan peti kemas dan untuk menarik kendaraan pada mobil derek.
  • Wire Rope untuk Lift atau Elevator (Elevator Wire Rope): Kegunaan dan pengaplikasian jenis tali baja ini dapat dilihat pada lift atau elevator di mall dan gedung-gedung bertingkat. Jenis tali baja ini berkarakteristik lentur tetapi tetap kuat.
  • Wire Rope Performa Tinggi atau Super (High Performance Wire Rope): Jenis tali baja ini memiliki karakteristik sangat kuat (WLL tinggi) dan sangat lentur. Karakteristik ini dibuat untuk aplikasi pekerjaan-pekerjaan khusus dan ekstrem. Contohnya digunakan pada pendant crane dan konstruksi jembatan.

Jenis Wire Rope Berdasarkan Konstruksinya

Konstruksi wire rope bisa dikategorikan dalam 5 jenis sebagai berikut:

  • Single layer: Contoh tali baja single layer yaitu 7 wire strand yang memiliki satu core dan enam strand dengan ukuran sama yang mengelilinginya. 
  • Seale: Memiliki dua lapisan. Setiap lapisan memiliki ukuran diameter yang sama. Jumlah strand pada lapisan dalam dan luar berjumlah sama tetapi ukuran diameter strand lapisan dalam lebih kecil dari diameter strand pada lapisan luar. Strand-strand pada lapisan luar diatur sedemikian sehingga berada di antara dua strand pada lapisan dalam.
  • Filler Wire: Jenis tali baja ini memiliki dua lapisan yaitu lapisan dalam dan luar yang memiliki ukuran diameter yang sama. Jumlah strand pada lapisan dalam berjumlah setengah dari jumlah lapisan luar. Rongga-rongga di antara kedua lapisan tersebut diisi dengan strand-strand berukuran diameter lebih kecil dari strand lapisan dalam dan memiliki jumlah yang sama dengan strand lapisan dalam. 
  • Warrington: Jenis tali baja ini memiliki dua lapisan yaitu lapisan luar dan dalam yang mengelilingi satu core. Lapisan dalam memiliki diameter strand yang sama. Lapisan luar terdiri dari dua jenis ukuran diameter; yang besar dan yang kecil. Strand besar pada lapisan luar diposisikan di lembah antara dua strand lapisan dalam. Strand kecil pada lapisan luar diposisikan di atas atau sebagai mahkota dari strand lapisan dalam.
  • Combined: Yaitu susunan tali baja yang merupakan kombinasi dari konstruksi-konstruksi di atas.

Silahkan kontak kami PT Velasco Indonesia Persada sebagai distributor wire rope berkualitas dengan pelayanan terbaik. Kami juga jual alat safety kapal, chemical product, dan lain sebagainya. Hubungi (021) 690 530 atau info@velascoindonesia.com. Atau lihat produk kami lainnya di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *