Aksesoris Tali Baja, Apa Saja?

Sebelum membahas aksesoris tali baja kita perlu tahu dulu informasi umum soal tali baja / wire rope.

Secara umum wire rope punya fungsi untuk aplikasi rigging seperti lifting, towing dan lashing. Namun kegunaan atau fungsi wire rope dapat dibagi menjadi 3 bagian seperti:

  • General Purpose Wire Rope: Yaitu wire rope yang paling banyak dipakai di berbagai industri umum. Misalnya untuk industri perikanan, peti kemas, atau yang lebih umum seperti menarik mobil derek.
  • Elevator Wire Rope: Yaitu wire rope yang digunakan khusus untuk kebutuhan elevator/lift (seperti yang ada di gedung-gedung bertingkat). Tali baja jenis ini harus memiliki WLL dan tingkat kelenturan yang tinggi.
  • High Performance Wire Rope: Yaitu wire rope dengan kekuatan yang super kuat dan hanya digunakan dalam pekerjaan ekstrim dan khusus seperti konstruksi jembatan dan pendant crane.

Aksesoris Tali Baja

Ada beberapa alat yang biasanya digunakan bersamaan dengan wire rope. Beberapa diantaranya adalah:

  • Wire clip atau kuku macan. Fungsinya adalah untuk membuat mata kawat seling, yaitu dengan melipat bagian ujung wire rope lalu memasang wire clip. Beberapa pabrikan ada yang sudah langsung menjual mata kawat seling dengan mechanical splice, bukan wire clip.
  • Thimble. Fungsinya untuk melindungi bagian lipatan wire rope saat dibentuk menjadi seling.
  • Shackle. Fungsinya adalah untuk mengaitkan kawat seling dengan komponen lainnya seperti dengan masterlink atau dengan alat lain.
  • Masterlink. Fungsinya menghubungkan beberapa rangkaian wire rope menjadi satu kemudian dikaitkan ke mesin pengangkut misalnya crane.

Nah demikian informasi mengenail wire rope dari kami. Bila anda membutuhkan kawat seling/wire rope berkualitas, Velasco Indonesia solusinya. Kami juga menjual berbagai peralatan kapal dan industri. Untuk mengetahui produk-produk lain kami, dapat mengunjungi website kami www.velascoindonesia.com

Untuk pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi kami melalui email cso@velascoindonesia.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *