Cara Ganti Rantai Jangkar, Susah Nggak?

Sebagai salah satu aksesoris jangkar kapal, rantai jangkar bisa dibilang paling sering terkena air laut. Jadi rantai ini punya potensi terkena korosi yang sangat tinggi. Kerena itu penting banget untuk dijadwalkan pengecekan rutin apakah rantai jangkar masih berfungsi dengan baik atau tidak. Jangan sampai tiba-tiba rusak di tengah jalan, pastinya seluruh awak kapal bakal kerepotan. Cara ganti rantai jangkar kapal juga harus dikuasai awak kapal yang bertugas mengurus jangkar.

Mau Tau Cara Ganti Rantai Jangkar, Perhatikan Dulu Beberapa Hal Ini

Mengganti rantai jangkar nggak boleh dilakukan sembarang orang. Terutama pada kapal besar seperti kapal tanker atau kapal pesiar. Soalnya kapal besar pasti jangkarnya juga besar. Jangkar besar pasti rantainya juga besar. Nah proses penggantian rantai jangkar itu harus memotong rantai jangkar yang lama. Memotong rantai jangkar yang ukurannya besar pastinya nggak gampang dan butuh berbagai alat khusus, jadi tidak boleh dilakukan sembarang orang.

Awak kapal yang memotong rantai jangkar harus dilengkapi dengan serangkaian alat safety: kacamata las, penutup mulut dan hidung, baju lengkap sampai menutupi tangan, juga sarung tangan. Siapkan juga alat potong besi misalnya gerinda. Ini wajib banget dijalankan supaya meminimalisir cedera.

So, Gimana Cara Ganti Rantai Jangkar?

Langkah yang paling pertama adalah persiapkan dulu beberapa peralatan, yaitu alat pengaman seperti yang sudah disebut di atas, lalu alat pemotong besinya (gerinda contohnya), dan jangan lupa siapkan rantai baru dan kenter jangkar.

Udah siap semuanya? Langkah selanjutnya adalah potong bagian rantai jangkar yang mau diganti itu. Hati-hati ya saat potong rantai. Lalu sambungkan rantai lama dan rantai baru dengan kenter jangkar. Perhatikan juga tuh cara pasang kenter jangkar , jangan sampai salah. Terus ulangi lagi proses itu di ujung rantai satunya lagi.

Supaya ada gambaran, coba cek video berikut ini:

Silahkan kontak kami PT Velasco Indonesia Persada, kami jual rantai jangkar berkualitas dan peralatan teknik lainnya seperti wire rope dan shackle dengan pelayanan terbaik. Hubungi (021) 690 530 atau info@velascoindonesia.com. Atau lihat produk kami lainnya di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *