Jenis Jangkar Kapal Laut Masa Kini

Sering lihat jangkar kapal dengan lengan bagian bawah yang melengkung setengah lingkaran itu? Itu adalah jangkar jadul alias jaman dulu, namanya stock anchor. Sekarang sudah banyak lho jenis jangkar kapal laut yang beragam bentuk. Apa aja sih? Kuy ditengok artikel berikut ini.

Tapi sebelum bahas apa aja jenis jangkar kapal yang ada sekarang ini. Sudah tahu kan apa sih fungsi jangkar? Fungsinya adalah untuk menahan kapal supaya diam di satu titik, bisa di tengah laut, atau di pinggir dermaga, atau di mana saja sesuai kebutuhan. Kenapa harus ditahan? Soalnya arus laut atau angin yang kencang bisa menggeser kapal, jadi dibutuhkan jangkar supaya bisa menahan arus itu.

 

Jenis Jangkar Kapal: Stockless Anchor

Kalau jangkar jaman dulu namanya stock anchor, jangkar masa kini ada yang diberi nama stockless anchor nih. Dikasih nama begitu karena jangkar ini tidak punya stock alias tongkat. Orang Indonesia biasa sebut jangkar ini dengan nama jangkar kodok. Beda dengan jangkar jaman dulu, bagian lengan jangkar kodok ini bisa bergerak, soalnya ada poros di tengahnya. Tujuan didesain seperti ini itu supaya saat diturunkan ke bawah laut, lengan ini bisa mencengkram kuat permukaan laut. Cakep kan. Jangkar kodok ini cocok di berbagai jenis dasar laut, mulai dari yang keras, hingga yang berpasir atau berlumpur.

 

Jenis Jangkar Kapal: Ploughshare Anchor (Plow) atau CQR

Bentuk jangkar yang satu ini unik nih, soalnya mirip kayak alat membajak sawah, makanya dinamakan plough anchor. Tujuan dibentuk seperti itu supaya saat jatuh ke dasar laut, bisa mengunci dengan baik. Kebayang kan.

 

Jenis Jangkar Kapal: Danforth Anchor

Jangkar ini terkenal di Amerika nih, banyak dipakai sama kapal boat. Mirip seperti stockless anchor, bagian lengan jangkar ini juga bisa fleksibel. Cocok banget nih buat jenis dasar laut yang berpasir atau berlumpur.

 

Butuh jenis jangkar kapal yang seperti apa? Coba hubungi distributor jangkar kapal yang terpercaya seperti PT Velasco Indonesia Persada, dijamin Anda dapat memilih jangkar sesuai kebutuhan Anda. Nggak cuma jangkar, segala macam aksesoris jangkar kapal juga dijual, misalnya kili-kili, rantai jangkar, penarik jangkar, swivel, kenter jangkar. Semuanya lengkap, dijamin berkualitas dan so pasti oke punya.

 

Silahkan kontak kami PT Velasco Indonesia Persada sebagai distributor jangkar kapal dan peralatan kapal lainnya seperti alat keselamatan kapal, rantai jangkar, serta alat navigasi kapal dengan pelayanan terbaik. Hubungi (021) 690 530 atau info@velascoindonesia.com. Atau lihat produk kami lainnya di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *