Kili-kili Jangkar atau Swivel, Apaan Tuh?

Pernah dengar kata kili-kili? Namanya terdengar lucu, tapi ini sebenarnya adalah salah satu aksesoris jangkar kapal yang punya peran penting lho! Kili-kili jangkar ini menjaga rantai dan jangkar kapal dapat tetap stabil, tidak terlilit atau terpelintir saat ada arus kencang di bawah laut. Hebat kan.

Prinsip kerja benda ini simple, dia punya dua sisi yang masing-masing dapat berputar secara independen. Artinya kalau sisi yang satu terpelintir, sisi yang lainnya bisa tetap diam. Sebenarnya alat ini sering kita temui di gantungan kunci, atau perhiasan, juga dipakai oleh para pemancing, tapi tentunya ukuran kecil. Kalau kili-kili di jangkar kapal tentunya ukurannya super besar.

Kenapa setiap jangkar harus banget pakai alat ini. Sebab kalau jangkar sampai terpelintir, hal itu berpotensi membuat kapal jadi tidak stabil, terutama saat proses menarik jangkar kapal. Pastinya ini bisa membahayakan kapal dan juga mempercepat kerusakan jangkar itu sendiri.  

Jadi di sistem penambatan kapal atau mooring system, kili-kili berada di tengah-tengah antara jangkar dan rantai jangkar. Kili-kili ini biasanya terbuat dari bahan galvanised steel atau stainless steel.

Kili-Kili Jangkar Punya Beberapa Jenis     

Sebenarnya alat ini tidak hanya dipakai oleh jangkar, tapi juga dipakai di industri heavy lifting lainnya. Memang benda ini merupakan salah satu alat rigging yang cukup sering dipakai. Tapi kili-kili untuk jangkar itu sendiri punya beberapa jenis bentuk yang berbeda-beda, tapi hanya dipakai untuk jangkar, tidak untuk aktivitas rigging lainnya.

Beberapa contohnya adalah

  1. Box swivel (atau superbox swivel):
    • poros di tengahnya tidak dapat terlihat langsung alias tertutup.
    • desainnya berbentuk kayak garpu, dengan pin yang menutup celah ruang kosong garpu terebut
  2. Cup swivel:
    • poros di tengahnya bisa terlihat langsung, jadi mempermudah pemeriksaan.
  3. Ball-and-socket swivel
    • Desainnya gabungan antara cup dan box swivel, jadi beberapa komponen terlihat sementara sebagian lainnya tertutup.
  4. Universal swivel
    • Mirip dengan box swivel, salah satu varian dari box swivel.

Jual Kili-Kili Jangkar Banyak Merk Seperti Crosby dan dari RRT

Barang ini banyak beredar di pasaran namun belum tentu kualitasnya teruji. Belilah dari distributor yang terpercaya seperti PT Velasco Indonesia Persada. Kami jual barang dengan merk terbaik seperti Crosby, sebagai alternatif juga ada kili-kili dari RRT yang juga bagus kualitasnya.

Silahkan kontak kami PT Velasco Indonesia Persada kami jual kili-kili dengan kualitas terbaik. Kami juga menjual peralatan kapal lainnya seperti jangkar, shackle, dan lain sebagainya. Hubungi (021) 690 530 atau info@velascoindonesia.com. Atau lihat produk kami lainnya di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *