Cara Pasang Kenter Jangkar Kapal Laut

Sudah tahu kan kalau setiap kapal itu butuh jangkar. Nah kalian juga perlu tahu bahwa setiap jangkar butuh aksesoris jangkar kapal supaya jangkar kapal bisa berfungsi dengan baik. Ada banyak macam aksesoris jangkar kapal, misalnya rantai jangkar, swivel atau kili-kili, penarik jangkar, dan ada yang namanya kenter jangkar. Kuy kita bahas cara pasang kenter jangkar kapal laut.

 

Cara Pasang Kenter Jangkar, Ketahui Dulu Apa Sih Kenter Itu
Kenter itu adalah salah satu contoh aksesoris jangkar yang bentuknya mirip kayak satu mata rantai jangkar. Beda lho sama mata rantai biasa. Kalau mata rantai bisa cuma berbentuk kayak oval biasa, nah mata rantai jangkar ini ada semacam tambahan garis besi di bagian tengahnya. Buat apa? Supaya rantainya nggak gampang kebelit-belit. Kebayang kan kalau rantai jangkar terbelit di bawah laut, pastinya nggak bagus buat jangkarnya.

Terus bedanya apa antara kenter jangkar sama mata rantai jangkar? Kenter jangkar kapal lebih spesial karena alat ini bisa dilepas pasang jadi 4 bagian. Biar gampang, cek aja langsung gambar berikut ini yah. Bagian A itu taper pin dan lead pellet, bagian B adalah stud atau center chock, terus bagian C dan D itu namanya shackle kenter halves alias setengah bagian dari si kenter ini.

Bagian Kenter Jangkar

Nah fungsinya kenter jangkar ini adalah buat menggabungkan dua rantai jangkar jadi satu, supaya bisa mendapatkan panjang rantai jangkar yang dibutuhkan. Selain itu kenter jangkar juga punya fungsi buat menggabungkan rantai jangkar dengan swivel atau kili-kili. Terus gimana cara masangnya?

 

Begini Nih Cara Pasang Kenter Jangkar Kapal Laut
Pertama lepasin A, caranya diketok pakai palu dan paku sampai keluar. Lalu ketok bagian B ke depan supaya lepas. Habis itu pisahkan C dan D pakai palu juga, ketok dari bagian samping ya. Terus dikaitkan deh ke rantai jangkar atau swivel yang mau digabung. Lalu pasang lagi kenter jangkar dengan mangulang rangkaian di atas. Biar lebih mantap, tempelkan perekat di tahap akhir pada bagian A, supaya terjamin nggak bakal lepas-lepas. Nih gambarannya:

Cara Pasang Kenter Jangkar

Biar kebayang, coba cek youtube berikut ini ya:

Silahkan kontak kami PT Velasco Indonesia Persada sebagai reseller kenter Crosby Jakarta dan peralatan teknik lainnya seperti wire rope dan shackle dengan pelayanan terbaik. Hubungi (021) 690 530 atau info@velascoindonesia.com. Atau lihat produk kami lainnya di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *