Kabut Asap Datang, Gunakan Masker

Belakangan ini kita sering mendengar berita tentang kabut asap di berbagai wilayah seperti di pulau Sumatera dan Kalimantan. Sementara di Jakarta, tingkat polusi udara tercatat sangat tinggi. Persoalan tersebut tentu sangat mengganggu pengelihatan, bahkan di sejumlah daerah, sekolah terpaksa diliburkan dan banyak penduduk yang terserang infeksi saluran pernapasan alias ISPA.

 

Efek Buruk Kabut Asap

Kabut yang menghalau pandangan di sejumlah kota umumnya berasal dari tingginya kebakaran hutan dan lahan (karhutla), ditambah lagi musim kemarau yang panjang membuat hujan nyaris tidak pernah turun sehingga petugas kewalahan memadamkan api. Berbagai upaya dilakukan seperti membuat hujan buatan atau bahkan mengadakan shalat istisqa (doa meminta hujan). Warga hanya bisa pasrah sambil menggunakan masker untuk mengurangi efek buruk kabut asap dan polusi.

Tahukah Anda apa sebenarnya efek buruk dari kabut asap? Berikut ini beberapa faktanya.

  1. Kabut asap dan polusi mengandung karbon monoksida, nitrogen dioksida, sulfur dioksida, bahkan partikel halus yang dapat membahayakan tubuh, contohnya timbal.
  2. Apabila manusia terpapar partikel berbahaya tersebut, maka dapat menyebabkan sejumlah gangguan pada tubuh. Mulai dari vertigo, iritasi mata, sesak nafas, gangguan pernapasan, bronkitis, jantung berdebar, hingga yang paling parah adalah dapat memicu kanker.
  3. Dampaknya akan lebih berbahaya bagi ibu hamil. Karena selain mengganggu kesehatan ibu, partikel berbahaya tersebut juga berpotensi membuat janin gagal tumbuh dengan baik.

 

Bagaimana Mengurangi Efek Buruk Kabut Asap?

Sebagai warga biasa, tentu ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk setidaknya tidak memperburuk kondisi yang sudah ada. Misalnya adalah dengan menggunakan kendaraan umum, agar lebih sedikit kendaraan yang berada di jalan raya. Selain itu kita juga dapat menggunakan masker untuk menutup area hidung dan mulut agar tidak secara langsung terpapar polusi.

Namun perlu diperhatikan jenis masker yang dipilih. Masker biasa seperti yang disedikan driver ojek online sebenarnya kurang begitu efektif sebab masih banyak celah yang dapat membuat udara kotor masuk ke hidung.

Pilihlah masker yang lebih tebal dan lebih rapat, salah satunya adalah masker N95. Masker N95 lebih efektif sebab masker ini dapat menyaring partikel asap yang lebih kecil (di bawah 10 PM). Gunakanlah masker ini hanya pada saat sedang ke luar ruangan. Sebab menggunakan masker N95 di dalam ruangan malah membuat penggunanya sulit bernafas karena masker ini lebih rapat menutup akses udara masuk, ketimbang masker biasa.

 

Silahkan kontak kami PT Velasco Indonesia Persada, distributor masker N95 terbaik. Selain itu kami juga jual alat pemadam kebakaran seperti APAR, atau fire hydrant cabinet, dll.  Hubungi (021) 690 530 atau info@velascoindonesia.com. Atau lihat produk kami lainnya di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *